KEMAMPUAN SISWA MENGANALISIS WACANA DI KELAS IV SDN 2 TELAGA KECAMATAN TELAGA KABUPATEN GORONTALO

Main Author: NUR HASNAH IGIRISA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Iv
Sdn
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411275/kemampuan-siswa-menganalisis-wacanadi-kelas-iv-sdn-2-telaga-kecamatan-telagakabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nur Hasnah Igirisa. 2013. Kemampuan Siswa Menganalisis Wacana di Kelas IV SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman,M.Hum dan Pembimbing II Dra.Hj.Pratiwi Laboro,M.Pd. Permasalahan dari penelitian ini yakni bagaimanakah kemampuan siswa menganalisis wacana di kelas IV SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa menganalisis wacana di kelas IV SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa 48% kemampuan siswa yang sudah mampu menganalisis wacana serta memahami cara pemakaian tanda baca seperti titik, koma, tanda hubung dan penggunaan huruf kapital serta struktur kalimat yang sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan dan 52% kemampuan siswa yang tidak mampu menganalisis wacana serta memahami cara pemakaian tanda baca seperti titik, koma, tanda hubung dan penggunaan huruf kapital serta struktur kalimat yang sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menganalisis wacana di kelas IV SDN 2 Telaga masih banyak yang belum mengerti penempatan tanda baca serta penggunaan huruf kapital, dan yang lebih fatalnya lagi hampir seluruh siswa belum memahami struktur kalimat yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Kata Kunci : Kemampuan, Menganalisis Wacana