MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS LAPORAN PENGAMATAN LINGKUNGAN DI KELAS V SDN 19 TELAGA BIRU KABUPATEN GORONTALO

Main Author: ABDUL KADIR HARUN DALI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
V
Sdn
19
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411272/meningkatkan-kemampuan-siswa-menulis-laporan-pengamatan-lingkungan-di-kelas-v-sdn-19-telaga-biru-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Abdul Kadir Harun Dali. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Laporan Pengamatan Lingkungan Di Kelas V SDN 19 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa meningkat dalam menulis laporan pengamatan lingkungan di kelas V SDN 19 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa di kelas V SDN 19 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo pada materi menulis laporan pengamatan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pada pelaksanaan tindakan siklus I menulis laporan pengamatan lingkungan dari 17 orang siswa yang memperoleh kriteria mampu berjumlah 7 orang atau 41%, dan tidak mampu 10 orang atau 59 %. Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I, pada siklus II terjadi peningkatan yakni dari 17 orang siswa yang memperoleh kriteria mampu berjumlah15 orang atau 88 %, tidak mampu 2 orang atau 15 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa meningkat dalam menulis laporan pengamatan lingkungan pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis Laporan, Pengamatan Lingkungan