KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN IDE POKOK PADA WACANA DI KELAS IV SDN NO. 39 HULONTHALANGI KOTA GORONTALO

Main Author: ADRIAN BRAHIM
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Ide
Di
Iv
Sdn
No.
39
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411268/kemampuan-siswa-menentukan-ide-pokok-pada-wacana-di-kelas-iv-sdn-no-39-hulonthalangi-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Adrian Brahim. 2013. Kemampuan Siswa Menentukan Ide Pokok Pada Wacana di Kelas IV SDN No. 39 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Permasalahan dari penelitian ini yakni : bagaimana kemampuan siswa menentukan ide pokok pada wacana di kelas IV SDN No. 39 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok pada wacana di kelas IV SDN No. 39 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok pada wacana dari sejumlah 14 siswa yang mampu menentukan ide pokok pada wacana hanya 5 siswa (35.72%) sementara 9 siswa (64.28%) diantaranya tidak mampu dalam menentukan ide pokok pada wacana. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok pada wacana di kelas IV SDN No. 39 Hulonthalangi hanya 35.72% dari 14 siswa yang mampu dalam menentukan ide pokok pada wacana. Kata Kunci: Ide Pokok dan Wacana