MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS V SDN 1 TOLINGGULA ULU KEC. TOLINGGULA KAB. GORONTALO UTARA
Main Author: | SUKMAWATI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411263/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-menghargai-keputusan-bersama-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-numbered-heads-together-nht-di-kelas-v-sdn-1-tolinggula-ulu-kec-tolinggula-kab-gorontalo-utara.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sukmawati, 2013 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menghargai Keputusan Bersama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Di Kelas V SDN 1 Tolinggula Ulu Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo (Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd., dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pdi.,M.Hi,). Permasalahan dalam karya ilmiah ini adalah apakah melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Menghargai Keputusan Bersama di kelas V SDN 1 Tolinggula Ulu Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara? tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Menghargai Keputusan Bersama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Di Kelas V SDN 1 Tolinggula Ulu Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan pada Siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa masih sangat rendah, dari 30 (tiga puluh) hanya 5 (lima) siswa atau 16,7% yang berhasil tuntas, sedang yang tidak tuntas sebanyak 83,33% atau 25 (dua puluh lima) siswa. Pada pelaksanaan Siklus II, tingkat ketuntasan belajar siswa naik, dimana sebanyak 28 (dua puluh delapan) siswa atau 93,33% yang sudah tuntas, atau terjadi peningkatan sebesar 76,6% dibandingkan dengan Siklus I. Dan yang belum tuntas tersisa 2 (dua) siswa atau 6,7%. Berdasarkan hasil pengamatan pada tindakan siklus I dan II, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) Di Kelas V SDN 1 Tolinggula Ulu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Hasil belajar, Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)