FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 104 KOTA UTARA KOTA GORONTALO

Main Author: MIA USMAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Ips
Di
V
Sdn
104
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411209/faktor-faktor-penyebab-rendahnya-motivasi-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ips-di-kelas-v-sdn-104-kota-utara-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mia Usman. 2015. Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 104 Kota Utara Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si, dan pembimbing II Dra. Elmia Umar, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) Apa saja faktor-faktor yang menjadi penyebab rendahnya motivasi belajar siswa di Kelas V SDN 104 Kota Utara Kota Gorontalo, (2) Bagaimana Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 104 Kota Utara Kota Gorontalo , (3) Upaya-upaya apa yang dilakukan oleh guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa di Kelas V SDN 104 Kota Utara Kota Gorontalo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas V SDN 104 Kota Utara Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS yaitu berasal dari Faktor Intern (Faktor yang berasal dalam diri siswa) yang terdiri atas cita-cita atau aspirasi siswa, kemampuan siswa dan kondisi siswa sedangkan faktor Ekstern (Faktor yang berasal dari luar) yang terdiri atas Faktor Keluarga dan faktor sekolah. Upaya-upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa masih kurang maksimal dimana guru hanya terfokus pada metode dan model pembelajaran yang monoton tanpa disertai dengan inovasi-inovasi yang dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Guru, Siswa, Motivasi Belajar.