Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas III SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo

Main Author: SRY WAHYUNI HUMOLUNGO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Ipa
Di
Iii
Sdn
33
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411205/peran-guru-dalam-memotivasi-belajar-siswa-pada-pembelajaran-ipa-di-kelas-iii-sdn-33-kota-selatan-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Sri Wahyuni Humolungo, 2015. Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas III SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meylan Saleh S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas III SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas III SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah berperan baik sebagai pembimbing, pengelola kelas, mediator, motivator dan evaluator. Hal ini ditunjukkan dengan skor hasil observasi pembelajaran yang dicapai memperoleh rata-rata 91,7% dan skor hasil angket siswa dari semua indikator peran guru dalam memotivasi belajar siswa memperoleh rata-rata 78,50%. Maka dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas III SDN 33 Kota Selatan Kota Gorontalo sudah baik. Kata Kunci : Peran Guru, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran IPA.