Memotivasi belajar siswa dalam membaca dan menulis permulaan melalui pendekatan inkuiri siswa kelas II.A SDN 6 Gentuma Kecamatan Gentuma Raya

Main Author: FITRI PULUMODUYO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Dan
Sdn
6
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411196/memotivasi-belajar-siswa-dalam-membaca-dan-menulis-permulaan-melalui-pendekatan-inkuiri-siswa-kelas-iia-sdn-6-gentuma-kecamatan-gentuma-raya.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fitri Pulumoduyo.2015. Memotivasi belajar siswa dalam membaca dan menulis permulaan melalui pendekatan inkuiri siswa kelas II.A SDN 6 Gentuma Kecamatan Gentuma Raya. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan bagaimana memotivasi siswa membaca dan menulis permulaan melalui pendekatan inkuiri? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui memotivasi belajar siswa dalam membaca dan menulis permulaan melalui pendekatan inkuiri siswa kelas II SDN 6 Gentuma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian memotivasi belajar siswa membaca dan menulis permulaan melalui pendekatan inkuiri siswa kelas II SDN 6 Gentuma ini sudah baik. Dengan demikian upaya yang dilakukan guru dalam memotivasi siswa melalui pendekatan inkuiri membangkitkan semangat siswa, memberikan harapan, memberikan insentif, dengan cara memberikan pujian serta memberikan pengarahan. Dengan adanya motivasi siswa yang diberikan oleh guru sangat berdampak pada motivasi siswa pada membaca dan menulis permulaan. Kata kunci: motivasi belajar, membaca dan menulis, pendekatan inkuiri