KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SDN 3 LOLAK KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW

Main Author: MUJAHIDA HALAA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Di
V
Sdn
3
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411160/kemampuan-siswa-menulis-karangan-menggunakan-pendekatan-kontekstual-di-kelas-v-sdn-3-lolak-kabupaten-bolaang-mongondow.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mujahida Halaa, 2015. Kemampuan Siswa Menulis Karangan Menggunakan pendekatan Kontekstual Di Kelas V SDN 3 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Unversitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj Evi Hasim, M.Pd dan pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kemampuan menulis karangan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas V SDN 3 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow ? Tujuan penelitian ini adalah "Mendeskripsikan kemampuan siswa menulis karangan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas V SDN 3 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 3 Lolak. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa observasi, test kemampuan, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan siswa menulis karangan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas V SDN 3 Lolak berlangsung dengan baik. hasil keseluruhan dari 14 orang siswa terdapat 9 orang siswa atau 64,3% yang memiliki kriteria mampu, 5 orang siswa atau 35,7% yang memiliki kriteria kurang mampu. Kesimpulannya bahwa menulis karangan menggunakan pendekatan kontekstual dapat mengembangkan ide-ide dan pengetahuan dari diri siswa sehingga siswa dapat berkreasi, berekspresi dari hasil karangan yang baik. Kata Kunci : Menulis Karangan, Pendekatan Kontekstual