PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 BULAWA PADA MATERI HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT
Main Author: | SUCIANI KANGO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411154/pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-talking-stick-terhadap-hasil-belajar-siswa-kelas-iv-sdn-3-bulawa-pada-materi-hubungan-sumber-daya-alam-lingkungan-teknologi-dan-masyarakat.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Suciani Kango, 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Siswa Kelas 3 SDN 3 Bulawa Pada Materi Sumber Daya Alam, Lingkungan, Teknologi Dan Masyarakat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Bulawa Pada Materi Sumber Daya Alam, Lingkungan, Teknologi Dan Masyarakat, tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperiment dengan rancangan pretes and Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 3 Bulawa tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 19 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN 3 Bulawa . Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPA. Bentuk tes hasil belajar IPA yang digunakan adalah objektif dengan jumlah 21 nomor yang sebelumnya telah divalidasi. Data dianalisis dengan uji t atau Lilefors dengan bantuan softwareSPSS versi 16.0 for windows untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan output pengujian SPSS versi 16.0 menunjukkan nilai thitung = 5,962 dan nilai signifikansi 0,009. Taraf signifikan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan = 19 - 1 =18 t tabel (dk; 1 - )= t tabel (18;0,975)= 2,10 Berdasarkan output pengujian SPSS 0.16 diperoleh bahwa = 2,918 dan = 2,10. Karena > atau dapat juga dilihat pada nilai sig = 0,009 < = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 ditolak dan H1diterima, yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif. Talking Stick Hasil Belajar siswa