MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN'S LEARNING SCIENCE (CLIS) PADA MATERI ENERGI PANAS DI KELAS IV SDN 90 SIPATANA KOTA GORONTALO
Main Author: | INDRAWATI SABIHI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411153/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-childrens-learning-science-clis-pada-materi-energi-panas-di-kelas-iv-sdn-90-sipatana-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Indrawati Sabihi, 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran CLIS Pada Materi Energi Panas Di Kelas IV SDN 90 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Meylan Saleh S.Pd, M.Pd dan Pembibing II, Gamar Abdullah, S.Si M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran CLIS pada materi energi panas hasil belajar siswa di kelas IV SDN 90 Sipatana Kota Gorontalo dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran CLIS pada materi energi panas di kelas IV SDN 90 Sipatana Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan tehnik pengumpulan data, observasi, tes dan dokumentasi dilaksanakan 2 siklus pada siswa 23 orang. Berdasarkan observasi awal ada 18 siswa (78,3%) yang belum tuntas Pada siklus I ada 6 siswa (26,1%) yang belum tuntas, selanjutnya pada siklus II ada 5 siswa (21,75%) yang belum tuntas. Dengan demikian Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi panas di kelas IV SDN 90 Sipatana Kota Gorontalo Kata Kunci : Hasil Belajar, Model CLIS, Energi Panas