PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN 2 1 IYOK KECAMATAN BOLANGITANG BARAT KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA

Main Author: SITI SYAHFITRI THALIB
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Ipa
Di
Sdn
2
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411118/peran-guru-dalam-meningkatkan-motivasi-belajar-siswa-pada-pembelajaran-ipa-di-sdn-2-1-iyok-kecamatan-bolangitang-barat-kabupaten-bolaang-mongondow-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Siti SafitriThalib. 2015, Peran Guru Dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di SDN 1 Iyok Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.Skripsi, Jurusan Penidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Neger iGorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Abd Haris Panai. M.Pd Pembimbing II Dr. Hj. AsniI lham S.Pd, M.Si Permasalahan dalam penelitian ini tentang "Bagaimanakah peran guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 1 Iyok?". Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Peran guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran IPA di SDN 1 Iyok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sebagai motivator menciptakan suasana yang menyenangkan dalam pembelajaran. Guru sebagai demonstrator bisa mengatasi masalah belajar siswa dengan melakukan pendekatan individual dan kelompok. Guru sebagai fasilitator, mengikut sertakan siswa belajar aktif menanamkan rasa optimisme, kemudian memberikan pujian. Guru sebagai meditor dapat memanfaatkan alat yang ada di lingkungan dan menyediakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak. Guru sebagai evaluator dapat memilih dan menyusun hasil evaluasi melaksanakan evaluasi sepanjang proses, dan bertindak obyektif. Kata Kunci :Peran Guru dan Motivasi Belajar