penerapan cooperative type jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas IV SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

Main Author: REFYAN LIARTO KAABA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Ips
Di
Iv
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411114/penerapan-cooperative-type-jigsaw-untuk-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ips-di-kelas-iv-sdn-1-lion-kecamatan-posigadan-kabupaten-bolaang-mongondow-selatan.html
Daftar Isi:
  • Refyan Liarto Kaaba.2016. Penerapan Cooperative Type Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Basri Amin, S.Sos, MA dan pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan Cooperative Type Jigsaw Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah penerapan Cooperative Type Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan 4 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi serta analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Cooperative Type Jigsaw berdampak pada Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Pada observasi awal, siswa yang mampu hanya 3 orang atau 15%. Selanjutnya pada tindakan siklus I jumlah siswa yang mampu meningkat menjadi 13 orang atau 65% dan pada tindakan siklus II lebih meningkat lagi menjadi 18 orang atau 90% dari total jumlah siswa sebanyak 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Cooperative Type Jigsaw dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Cooperative Type Jigsaw, Pelajaran IPS