PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V SDN 6 LIMBOTO BARAT KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | CINDRAWATI RAHMAN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411090/penerapan-metode-eksperimen-dalam-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-sifat-sifat-cahaya-di-kelas-v-sdn-6-limboto-barat-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Cindrawati Rahman. 2015. Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-sifat Cahaya di Kelas V SDN 6 Limbo Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abd. Haris PanaI, M. Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, M. Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menerapkan metode eksperimen hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo meningkat?". Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya dengan menggunakan metode eksperimen di kelas V SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Jika pelaksanaan siklus I belum maksimal maka selanjutnya diadakan siklus II. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu jika guru menerapkan metode eksperimen di kelas V SDN 6 Limboto Barat maka hasil belajar siswa akan meningkat. Indikator kinerja ditetapkan dengan KKM 70% maka hasil belajar siswa di kelas V SDN 6 Limboto Barat dalam pembelajaran IPA meningkat menjadi 84%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan metode eksperimen hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN 6 Limboto Barat kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci: Hasil Belajar, Sifat-sifat Cahaya, Metode Eksperimen