PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V DI SDN 2 TELAGA

Main Author: ARIYANTO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Pkn
Di
V
Sdn
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411071/peran-guru-dalam-meningkatkan-pemahaman-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pkn-di-kelas-v-di-sdn-2-telaga.html
Daftar Isi:
  • Ariyanto, 2016. Peran Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas V SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I; Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II; Nurhayati Tine, S.PdI.,M.HI. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN 2 Telaga. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif Adapun hasil penelitian adalah peran guru dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa, guru menjalankan tugasnya sebagai pendidik, pengajar, motivator bahkan menjadi fasilitator dalam proses pembelajaran. Dengan memberikan semangat, perhatian, rasa yang yang nyaman tanpa merasa terbebani oleh adanya kesulitan yang harus dipahami dalam proses pembelajaran terutama pada pembelajaran PKn. Adapun kendala yang dihadapi guru dalam menyampaikan materi pelajaran, sedikit telah disiasati walaupun hasil capaiannya belum maksimal di dalam meningkatkan pemahaman siswa.