PERAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP DISIPLIN SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS IV SDN NO. 42 HULONTHALANGI KOTA GORONTALO
Main Author: | SRI NOLVIYANTI RAUF |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411070/peran-guru-terhadap-pembentukan-sikap-disiplin-siswa-pada-mata-pelajaran-pkn-di-kelas-iv-sdn-no-42-hulonthalangi-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- PERAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP DISIPLIN SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS IV SDN NO. 42 HULONTHALANGI KOTA GORONTALO ABSTRAK Sri Nolviyanti Rauf, 2017. Peran Guru Terhadap Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN NO. 42 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, MA. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru terhadap pembentukan sikap disiplin siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas IV SDN NO. 42 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru terhadap pembentukan sikap disiplin siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas IV SDN NO. 42 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa peran guru terhadap pembentukan sikap disiplin siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas IV SDN NO. 42 Hulonthalangi Kota Gorontalo dapat disimpulkan bahwa peran guru terhadap pembentukan sikap disiplin siswa di kelas IV sudah baik dimana guru telah membina siswa melalui materi yang diajarkan, memberikan contoh fakta yang terjadi dilingkungan sekolah sehingga dengan sendirinya siswa akan sadar dan merasa termotivasi dalam berperilaku disiplin. Selain itu sikap disiplin siswa telah nampak dari segi siswa berperilaku sopan terhadap guru dan cara siswa berpakaian, tapi untuk kedisiplinan waktu pada siswa hanya memerlukan kerja sama yang baik dengan orang tua saja. Secara umum guru memegang peranan penting dalam proses pembentukan disiplin bagi siswa. Untuk membentuk disiplin siswa melalui mata pelajaran PKn dapat dilakukan melalui pemebelajaran dengan cara pemberian materi dan memberikan contoh yang konkrit di lapangan sehingga siswa memahami arti pentingnya kedisiplinan ini. Kata kunci: Peran Guru, Sikap Disiplin, Pelajaran PKn