MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAUR AIR PADA SISWA KELAS V SDN 1 TELAGA KABUPATEN GORONTALO MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL
Main Author: | ZAINAB JANUARITA LAPASAU |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411061/meningkatkan-pemahaman-konsep-daur-air-pada-siswa-kelas-v-sdn-1-telaga-kabupaten-gorontalo-melalui-media-audio-visual.html |
Daftar Isi:
- Zainab Januarita Lapasau. 2015. Meningkatkan Pemahaman Konsep Daur Air Pada Siswa Kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo Melalui Media Audio Visual. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris PanaI M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin S.Pd. M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 1 siklus, penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Daur Air Pada Siswa Kelas V melalui media audio visual serta untuk menambah wawasan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran yang tepat. Berdasarkan indikator pencapaian kinerja bahwa minimal 75% siswa kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo yang dikenai tindakan dengan memperoleh nilai 75 ke atas, maka hasil penelitian dari siklus 1 yang telah dilaksanakan pada siswa kelas V sebanyak 26 orang siswa yang mendapat nilai 75 ke atas yaitu 24 orang siswa atau 92,31% dengan Daya serap 86,82%. Dengan demikian, berdasarkan pada hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman konsep daur air pada siswa kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Pemahaman konsep, Media audio visual