Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 6 Telaga Kabupaten Gorontalo
Main Author: | YULAN ARSAD |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411038/meningkatkan-kemampuan-menulis-pantun-melalui-metode-demonstrasi-pada-siswa-kelas-iv-sdn-6-telaga-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Yulan Arsad. 2015. Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 6 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Hj. Salma Halidu, S.Pd. M.P.d Pembimbing I dan pembimbing II Hj.Sumarni Mohammad, S.Pd. M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah metode demonstrasi dapat Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun pada Siswa Kelas IV SDN 6 Telaga, Kabupaten Gorontalo?". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun melalui metode Demonstrasi pada siswa kelas IV SDN 6 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dengan tehnik pengumpulan data tes, observasi, dan dokumentasi pada pembelajaran berlangsung. Observasi awal siswa yang mampu menulis pantun 6 orang atau 23% dan belum mampu 20 orang atau 76%. Selanjutnya dilakukan siklus I meningkat yang mampu 16 orang atau 61% dan belum mampu 10 orang atau 38%. Pada siklus II siswa yang telah mampu menulis pantun sebanyak 24 orang atau 95% dan yang belum mampu menulis pantun yang benar sebanyak 2 orang atau 5%. Disimpulkan bahwa menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa di kelas IV SDN 6 Telaga Kabupaten Gorontalo dalam menulis pantun yang benar. Kata Kunci: Menulis, Pantun, Demonstrasi.