Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Model Debat pada Kelas V SDN No. 39 Hulonthalangi Kota Gorontalo

Main Author: TITI RAHMAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
V
Sdn
No.
39
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411027/meningkatkan-kemampuan-berbicara-siswa-melalui-model-debat-pada-kelas-v-sdn-no-39-hulonthalangi-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Titi Rahman. 2015. "Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Model Debat pada Kelas V SDN No. 39 Hulonthalangi Kota Gorontalo". Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd. Permasalahan penelitian ini adalah "Apakah dengan model pembelajaran debat ini dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada kelas V SDN No.39 Hulonthalangi Kota Gorontalo Kecamatan Hulonthalangi?". Tujuan penelitian "Untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada kelas V", metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam II siklus. Dengan teknik pengumpulan data, tes dan dokumentasi. Pada observasi awal yang mampu berbicara berjumlah 4 orang (18%). Setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 8 orang (36%). Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 17 orang (77%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sudah memenuhi indakator kinerja yang diharapkan. Model debat dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Model Debat