Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Murid Pada Materi Sumber Daya Alam di kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo Melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat
Main Author: | SUHARTIN ADIPU |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151411019/meningkatkan-aktivitas-dan-hasil-belajar-murid-pada-materi-sumber-daya-alam-di-kelas-iv-sdn-1-telaga-kabupaten-gorontalo-melalui-pendekatan-sains-teknologi-masyarakat.html |
Daftar Isi:
- Suhartin Adipu. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Materi Sumber Daya Alam Di Kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo Melalui Pendekatan Sains Teknologi Masarakat. Skripsi. Jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah S.Si, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menerapkan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) aktivitas dan hasil belajar murid pada materi sumber daya alam di kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat meningkat"?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar murid pada materi sumber daya alam melalui pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) di kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mengalami peningkatan dengan nilai aktivitas murid dari 23% menjadi 61%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar murid mengalami peningkatan dari 13 murid atau 43% menjadi 26 murid atau 87% pada siklus I. Dengan demikian penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci : Pendekatan STM, Aktivitas, Hasil Belajar Murid