MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 9 DUNGALIYO KECAMATAN DUNGALIYO KABUPATEN GORONTALO

Main Author: YUSRIN BARABUAT
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Ips
Iv
Sdn
9
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410471/meningkatkan-pemahaman-siswa-terhadap-materi-perkembangan-teknologi-komunikasi-melalui-model-think-pair-share-pada-pembelajaran-ips-kelas-iv-sdn-9-dungaliyo-kecamatan-dungaliyo-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK YUSRIN BARABUAT. 2016. Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Perkembangan Teknologi Komunikasi Melalui Model Think Pair Share Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 9 Dungaliyo Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Drs.H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si Pembimbing II: Muhammad Sarlin, S.Pd. M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 9 Dungaliyo Terhadap Materi Perkembangan Teknologi Komunikasi Dapat Ditingkatkan Melalui Penggunaan Model Think Pair Share ?". Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN 9 Dungaliyo terhadap materi perkembangan teknologi komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi diakhiri refleksi Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran IPS karena dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi Perkembangan Teknologi di kelas IV SDN 9 Dungaliyo Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Tingkat pemahaman siswa dalam mata pelajaran IPS pada tahap observasi awal hanya 4 siswa (28,57%) yang menunjukkan pemahaman yang tinggi. Pada siklus I tingkat pemahaman siswa meningkat menjadi 5 siswa (35,71%). Pada siklus II sebanyak 11 siswa (78,57%) yang memiliki pemahaman tinggi terhadap materi Perkembangan Teknologi Komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi Perkembangan Teknologi Komunikasi dapat ditingkatkan melalui Model Think Pair Share. Hipotesis penelitian yang menyatakan "Melalui Model Think Pair Share Maka Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Teknologi Komunikasi di Kelas IV SDN 9 Dungaliyo Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo Akan Meningkat" dapat diterima. Kata Kunci: Pemahaman siswa, Model Think Pair Share