Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dalam Cerita Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas I SDN Pembina Mansalean Kecamatan Labobo Kabupaten Banggai Kepulauan

Main Author: YULIANTI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
I
Sdn
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410452/meningkatkan-kemampuan-berbicara-dalam-cerita-melalui-metode-bermain-peran-pada-siswa-kelas-i-sdn-pembina-mansalean-kecamatan-labobo-kabupaten-banggai-kepulauan.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK YULIANTI / 1514 10 452. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dalam Cerita Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas I SDN Pembina Mansalean Kecamatan Labobo Kabupaten Banggai Kepulauan. Masih kurang kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SDN Pembina Mansalean ini menjadi masalah dalam penelitian ini. Cara pemecahannya dilakukan dengan menggunakan metode bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara melalui metode bermain peran di kelas I SDN Pembina Mansalean. Pengambilan data menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap siklus. Diawali dengan tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, kemudian dilanjutkan ke tahap analisis dan refleksi. Hasil analisis dengan metode bermain peran diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan hasil kemampuan siswa tentang materi berbicara pada pelajaran bahasa Indonesia meningkat dari hasil rata-rata observasi awal 50,48, siklus I rata-rata sebesar 73,10 dan siklus II peningkatan hasil rata-rata menjadi sebesar 87,74, sehingga metode bermain peran mempunyai pengaruh positif terhadap peningkatan hasil kemampuan siswa tentang materi berbicara pada pelajaran bahasa Indonesia. Kata Kunci: bercerita, metode, bermain peran.