Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Organisasi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together di Kelas V SDN Gonggong Kecamatan Banggai

Main Author: UMI JAIDAH H. LASUKI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Di
V
Sdn
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410451/meningkatkan-pemahaman-siswa-pada-materi-organisasi-melalui-pembelajaran-kooperatif-tipe-number-head-together-di-kelas-v-sdn-gonggong-kecamatan-banggai.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK UMI JAIDAH LASUKI, NIM. 151 410 451 Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Organisasi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together di Kelas V SDN Gonggong Kecamatan Banggai Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pemahaman siswa pada materi Organisasi dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together pada siswa kelas V SDN Gonggong Kecamatan Banggai Tengah. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Organisasi melalui pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together pada siswa kelas V SDN Gonggong Kecamatan Banggai Tengah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana tindakan penelitian dihentikan jika Indikator kinerja untuk mengukur keberhasilan pada penelitian tindakan kelas ini telah tercapai 80% atau 25 orang dari 31 siswa kelas V SDN Gonggong Kecamatan Banggai meningkat. Pemahaman siswa diukur berdasarkan kriteria ketuntasan pemahaman perorangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan pemahaman siswa Pemahaman siswa pada materi organisasi mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I dalam aspek spek menjelaskan, yang paham 21 siswa atau 76% meningkat menjadi 31 siswa atau 80%. Aspek memberi contoh pada siklus I yang paham 21 siswa atau 75% meningkat menjadi 31 siswa atau 75% pada siklus II. Aspek membedakan pada siklus I yang paham 21 siswa atau 77% meningkat menjadi 31 siswa atau 76% pada siklus II. Aspek menarik kesimpulan pada siklus I yang paham 21 siswa atau 78% meningkat menjadi 31 siswa atau 77%. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together pada materi organisasi di kelas V SDN Gonggong dapat meningkatkan pemahaman siswa. Kata kunci: Pemahaman, organisasi, Number Head Together.