Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA khususnya materi struktur bumi Melalui Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Di Kelas V SDN Bungin Kabupaten Banggai Kepulauan

Main Author: SITI NORMA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Ipa
Di
V
Sdn
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410438/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ipa-khususnya-materi-struktur-bumi-melalui-pendekatan-pembelajaran-kooperatif-tipe-numbered-heads-together-di-kelas-v-sdn-bungin-kabupaten-banggai-kepulauan.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK SITI NORMA, 2012. Skripsi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA khususnya materi struktur bumi Melalui Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Di Kelas V SDN Bungin Kabupaten Banggai Kepulauan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2012. Di bawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Abdul Haris Panai, S.Pd, SE, M.Pd sebagai Pembimbing I dan Bapak Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, SE, M.Pd Pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yaitu hanya 7 orang siswa (35%) yang tuntas dan 13 orang siswa (65%)tidak tuntas hal ini disebabkan oleh rendahnya partisispasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Siswa yang menjadi subjek tindakan kelas adalah kelas V SDN Bungin Kab. Banggai Kepulauan tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 20 orang siswa. Jenis data yang diperoleh hasil belajar siswa, hasil pengamatan kegiatan guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Bungin Kab. Banggai Kepulauan pada pelajaran IPA khususnya materi struktur bumi. Hasil tersebut ditunjukkan pada siklus I yaitu hasil belajar siswa dari 20 siswa hanya 14 siswa (70%) yang tuntas dan 6 siswa (30%) yang mendapat nilai kurang dari 75 atau tidak tuntas. Dengan demikian perlu dilanjutkan karena belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Selanjutnya pada siklus II yaitu hasil belajar siswa dari 20 siswa hanya 1 siswa (0,5%) yang tidak tuntas dan 19 siswa (95%) yang tuntas. Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditentukan telah tercapai sehingga tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together