Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV SDN 3 Inpres Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan

Main Author: ZULAEHA YASIN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
A
Di
Iv
Sdn
3
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410434/meningkatkan-pemahaman-siswa-pada-materi-sistem-pemerintahan-pusat-melalui-model-make-a-match-pada-mata-pelajaran-pendidikan-kewarganegaraan-di-kelas-iv-sdn-3-inpres-banggai-kecamatan-banggai-kabupaten-banggai-kepulauan.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK ZULAEHA YASIN. 151 410 434 Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV SDN 3 Inpres Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan. Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan model make a match dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas IV SDN 3 Inpres Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN 3 Inpres Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan pada materi sistem pemerintahan pusat melalui model make a match. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian akan dihentikan jika jumlah siswa yang mengalami peningkatan pemahaman belajar pada mata pelajaran PKn materi pemerintahan pusat terjadi peningkatan 80% dari jumlah siswa. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas IV SDN 3 Inpres Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan. Pemahaman belajar siswa diukur berdasarkan pengamatan terhadap aspek-aspek pemahaman secara perorangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman belajar siswa pada siklus I dari 30 orang siswa, yang paham menguraikan isi pokok materi sebanyak 20 orang siswa atau 67%, pada siklus II meningkat menjadi 27 orang siswa atau dengan prosentase 90%. Selanjutnya siswa yang paham menyimpulkan materi pada siklus I berjumlah 24 orang siswa atau dengan prosentase 80%, mengalami peningkatan yang baik pada siklus II yaitu 30 orang siswa atau dengan prosentase 100%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model make a match dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas IV SDN 3 Inpres Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan. Kata kunci: pemahaman, Pemerintahan pusat, Model make a match.