Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD di kelas IV SDN Lambako Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut

Main Author: MILAWANTI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Pkn
Di
Iv
Sdn
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410420/meningkatkan-pemahaman-siswa-pada-pembelajaran-pkn-dengan-menggunakan-model-kooperatif-tipe-stad-di-kelas-iv-sdn-lambako-kecamatan-banggai-kabupaten-banggai-laut.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Milawanti. 2014."Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD di kelas IV SDN Lambako Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut.". Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd., dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.MHI Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran PKn Kelas IV di SDN Lambako Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi system pemerintahan pusat melalui model kooperatif tipe STAD.Metode Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun yang menjadi karakteristik penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 38 orang siswa yang terdiri dari 21 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil siklus 1 menjadi 57,89%, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89,47% dari total 38 orang siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Lambako Kec. Banggai Kab. Banggai Kepulauan. Kata Kunci : Siswa, Meningkatkan Pemahaman, Model STAD