Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Berorganisasi Melalui metode simulasi pada pembelajaran PKn di kelas V MIN Saleati Kecamatan Liang Kabupaten Banggai Kepulauan
Main Author: | ARMINA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410416/meningkatkan-motivasi-belajar-siswa-pada-materi-berorganisasi-melalui-metode-simulasi-pada-pembelajaran-pkn-di-kelas-v-min-saleati-kecamatan-liang-kabupaten-banggai-kepulauan.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Armina, 151410416 "Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Berorganisasi Melalui metode simulasi pada pembelajaran PKn di kelas V MIN Saleati Kecamatan Liang Kabupaten Banggai Kepulauan". Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo (pembimbing : Dra. Elmia Umar, M.Pd, dan Samsi Pomalingo, S.Ag, MA) Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunkan metode simulasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap materi beroganisasi pada siswa kelas V MIN Saleati Kecamatan Liang Kabupaten Banggai Kepulauan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar siswa tentang materi berorganisasi melalui metode simulasi pada mata pelajaran PKn. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan metode simulasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa tentang materi berorganisasi pada mata pelajaran PKn. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal rata-rata motivasi belajar anak yaitu 30%, pada siklus I mencapai 50%, dan pada siklus II mencapai 90 %. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode simulasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MIN Saleati Kecamatan Liang Kabupaten Banggai Kepulauan. Kata kunci : simulasi, motivasi, belajar