Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn melalui model Think Pair Share (Penelitian di kelas IV SDN Tolokibit Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut)
Main Author: | HASMAWATI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410413/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-pembelajaranpkn-melalui-model-think-pair-share-penelitian-di-kelas-iv-sdn-tolokibitkecamatan-banggai-selatan-kabupaten-banggai-laut.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Hasmawati. 151410413 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn melalui model Think Pair Share (Penelitian di kelas IV SDN Tolokibit Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut)". Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo (Pembimbing : Dra. Elmia Umar M.Pd dan Samsi Pomalingo S.Ag, MA). Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan Model Pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di SDN Tolokibit Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi mengenal system pemerintahan tingkat pusat pada mata pelajaran PKn. Cara pengambilan data dilaksanakan saat pembelajaran telah selesai dengan memeriksa hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan Model Pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal 26,67% (4 orang), pada siklus 1 mencapai 60% (9 orang), dan pada siklus II 93,33% (14 orang) dari15 orang siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tolokibit Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut. Kata Kunci : Hasil Belajar, Think Pair Share