Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Make A Match Di Kelas IV SDN Inpres 3 Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut
Main Author: | NURMAWATI N. LALU |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410403/meningkatkan-pemahaman-siswa-pada-matapelajaran-pkn-melalui-model-pembelajaran-make-a-match-di-kelas-iv-sdninpres-3-banggai-kecamatan-banggai-kabupaten-banggai-laut.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nurmawati N. Lalu. 151410403 "Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Make A Match Di Kelas IV SDN Inpres 3 Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut". Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo (Pembimbing: Dra. Elmia Umar M.Pd dan Nurhayati Tine,S.Pd.I,MHI ). Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan Model Pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran PKn di SDN Inpres 3 Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan meningkatkan pemahaman siswa tentang mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat pada mata pelajaran PKn. Cara pengambilan data dilaksanakan saat pembelajaran telah selesai dengan memeriksa hasil pengamatan aspek pemahaman belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Model Pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal 29,73% (11 orang), pada siklus 1 mencapai 59,46% (22 orang), dan pada siklus II 92% (34 orang) dari 37 orang siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Inpres 3 Banggai Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Laut. Kata Kunci : Pemahaman, Make A Match