Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Melalui Model Group Investigation (GI) di Kelas V SDN Togong Sagu Kecamatan Bangkurung Kabupaten Banggai Laut
Main Author: | MUSTAKIM |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410402/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-materi-peristiwa-sekitarproklamasi-melalui-model-group-investigation-gi-di-kelas-v-sdn-togongsagu-kecamatan-bangkurung-kabupaten-banggai-laut.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Mustakim. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Melalui Model Group Investigation (GI) di Kelas V SDN Togong Sagu Kecamatan Bangkurung Kabupaten Banggai Laut. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Dra. Elmia Umar, M.Pd. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model group investigation (GI) materi peristiwa sekitar proklamasi di Kelas V SDN Togong Sagu Kecamatan Bangkurung Kabupaten Banggai Laut dapat meningkat? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi peristiwa sekitar proklamasi melalui model Group Investigation (GI) di Kelas V SDN Togong Sagu Kecamatan Bangkurung Kabupaten Banggai Laut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). adapun hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah: "Jika guru menggunakan metode demonstrasi, maka hasil belajar siswa materi peristiwa sekitar proklamasi di Kelas V SDN Togong Sagu Kecamatan Bangkurung Kabupaten Banggai Laut akan meningkat" Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model group investigation (GI) dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi di Kelas V SDN Togong Sagu Kecamatan Bangkurung Kabupaten Banggai Laut. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Group Investigation (GI).