Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyanyikan Lagu Nasional Melalui Media Audio Visual Di Kelas V SDN Kamiwangi Kecamatan Toili Barat Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah

Main Author: NI NYOMAN NOVIN SELVIANTI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
V
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410394/meningkatkan-kemampuan-siswamenyanyikan-lagu-nasional-melalui-media-audio-visual-di-kelas-v-sdnkamiwangi-kecamatan-toili-barat-kabupaten-banggai-sulawesitengah.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ni Nyoman Novin Selvianti 2014 "Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyanyikan Lagu Nasional Melalui Media Audio Visual Di Kelas V SDN Kamiwangi Kecamatan Toili Barat Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah".Skripsi Program Studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah apakah melalui media audio visual kemampuan siswa menyanyikan lagu nasional di kelas V SDN Kamiwangi Kecamatan Toili barat Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah dapat meningkat? Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa menyanyikan lagu nasional pada observasi awal, siklus I dan siklus II. Pada observasi awal dari 30 orang siswa terdapat 13 orang atau 47% yang mampu menyanyikan lagu nasional kategori baik. Kemudian Pada siklus I dari 30 orang siswa terdapat 21 orang atau 70% yang mampu menyanyikan lagu nasional pada kategori baik. Hal ini belum mencapai indikator kinerja 75%, sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus II, hasil yang dicapai meningkat menjadi 90% atau 27 orang hasil capaian ini melebihi target yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui media audio visual kemampuan siswa menyanyikan lagu nasional di kelas V SDN Kamiwangi Kecamatan Toili Barat Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah dapat meningkat. Kata kunci : Kemampuan Menyanyi, Lagu Nasional, Audio Visual.