Kemampuan Siswa Bermain Drama Di Kelas V SD Inpres 2 Rusakencana Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah
Main Author: | RATNA MARIANINGSIH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410388/kemampuan-siswa-bermain-drama-di-kelas-v-sd-inpres-2-rusakencana-kabupaten-banggai-provinsi-sulawesi-tengah.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Ratna Marianingsih. 2014. Kemampuan Siswa Bermain Drama Di Kelas V SD Inpres 2 Rusakencana Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah. Skripsi, jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa dalam bermain drama. Rendahnya kemampuan siswa bermain drama pada pembelajaran bahasa indonesia di kelas V, memotivasi guru untuk berupaya meningkatkan teknik belajar yang relevan pada proses pembelajaran. Dengan bermain drama, diharapkan siswa berani berbicara dan dapat berinteraksi dalam proses pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Inpres 2 Rusakencana Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah dengan jumlah murid 20 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa bermain drama telah mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan pada observasi kemampuan siswa yaitu, 12 siswa atau 60% siswa mampu bermain drama, 8 siswa atau 40% siswa kurang mampu dan 0% siswa tidak mampu. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teknik guru dalam pembelajaran drama sudah tepat dan mencapai tujuan pembelajaran Kata Kunci: kemampuan bermain drama