PENERAPAN MODEL PAIKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN) PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS III SD INPRES 2 RUSAKENCANA KECAMATAN TOILI KABUPATEN BANGGAI

Main Author: WAHYU DEWI ANGGREANI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Ipa
Di
Iii
Sd
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410386/penerapan-model-paikem-pembelajaran-aktif-inovatif-kreatif-efektif-menyenangkan-pada-pembelajaran-ipa-di-kelas-iii-sd-inpres-2-rusakencana-kecamatan-toili-kabupaten-banggai.html
Daftar Isi:
  • Abstrak Wahyu Dewi Anggreani. 2014. "Penerapan Pembelajaran PAIKEM Pada Pembelajaran IPA Di Kelas III SD Inpres 2 Rusa kencana Kecamatan Toili Kabupaten Banggai". Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FakultasIlmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1)Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si, Pembimbing:(2) MeylanSaleh, S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Pada Pembelajaran IPA di Kelas III SD Inpres 2 Rusa kencana KecamatanToili Kabupaten Banggai, sedangkan yang menjadi tujuan dalam penelitianini adalah Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran PAIKEM pada pembelajaran IPA di Kelas III SD Inpres 2 Rusa kencana Kecamatan Toili Kabupaten Banggai. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil pengamatan, wawancara serta dokumentasi yang dilakukan diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran PAIKEM padamateribentukpermukaan bumi tidak rata di SD Inpres 2 RusakencanaKecamatanToiliKabupatenBanggaisudah seperti yang diharapkan, walaupun masih terdapat beberapa kendala dan hambatan baik temuan secara umum dan khusus. Simpulan dari Penelitian ini adalah penerapan model pembelajaranPAIKEM padamateri bentuk permukaan bumi tidak rata di SD Inpres 2 RusakencanaKecamatanToiliKabupatenBanggaitelahmemberikanmanfaat yang besarbagikegiatanbelajarmengajar di sekolahtersebut.. Kata Kunci: Pembelajaran, PAIKEM