Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Metode Latihan (Drill) Di Kelas IV SDN 1 Tolisu Kecamatan Toili Kabupaten Banggai
Main Author: | WAHYU DESI NATALIA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410384/meningkatkan-kemampuan-siswa-berbicara-melalui-metode-latihan-drill-di-kelas-iv-sdn-1-tolisu-kecamatan-toili-kabupaten-banggai.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Wahyu Desi Natalia. 2014. "Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Metode Latihan (Drill) Di Kelas IV SDN 1 Tolisu Kecamatan Toili Kabupaten Banggai". Skripsi. Dra.Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Dra. Dajani Suleman,M.Hum selaku pembimbing I dan pembimbing II. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Metode Latihan (Drill) Di Kelas IV SDN 1 Tolisu Kecamatan Toili Kabupaten Banggai. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui model metode latihan di Kelas V S IV SDN 1 Tolisu Kecamatan Toili Kabupaten Banggai.Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas dengan menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah"jika guru menggunakan metode latihan maka siswa dapat terampil berbicara di Kelas IV SDN 1 Tolisu Kec. Toili Kab. Banggai akan meningkat. Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I diperoleh data bahwa dari jumlah siswa 23 orang yang dikenai tindakan hanya 61% siswa yang memiliki aspek kelancaran, kenyaringan, mimic dan kefasihan dalam berbicara, dan siklus II meningkat menjadi 79% siswa atau dikatakan sudah memiliki kemampuan berbicara yang baik. Kata Kunci : Kemampuan berbicara, Metode latihan