Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pada Siswa Kelas II SDN V Toili Kecamatan Toili Kabupaten Banggai

Main Author: SITI NURVITA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Tgt
Ii
Sdn
V
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410379/meningkatkan-keterampilan-menyelesaikanoperasi-hitung-campuran-bilangan-cacah-melalui-model-pembelajarankooperatif-tipe-tgt-pada-siswa-kelas-ii-sdn-v-toili-kecamatan-toilikabupaten-banggai.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Siti Nurvita, NIM. 151410379. " Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pada Siswa Kelas II SDN V Toili Kecamatan Toili Kabupaten Banggai". Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Martianty Nalole. M.Pd dan Pembimbing II, Dra. Samsiar RivaI. S.Pd.M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah keterampilan menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan cacah dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Turnamen Game Tima atau TGT pada siswa kelas II SDN V Toili Kecamatan Toili Kabupaten Banggai?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan cacah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Turnamen Game Tim atau TGT. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Kelas II SDN V Toili Ke amatan Toili Kabupaten Banggai yang jumlah siswanya 19 orang yang terdiri dari laki-laki 13 orang siswa dan perempuan 6 orang siswa, dalam dua siklus. Setiap siklus melakukan 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh dari 19 siswa hanya 8 siswa yang terampil dalam menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan cacah atau 42 % siswa yang memperoleh nilai KKM 63 ke atas. Hal ini belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan maka peneliti melanjutkan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh dari 19 siswa 16 siswa yang terampil menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan cacah atau 85% siswa yang memperoleh nilai KKM 63 ke atas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Turnamen Game Tim atau TGT keterampilan menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan cacah pada siswa kelas II SDN V Toili Kecamatan Toili Kabupaten Banggai meningkat. Kata kunci : keterampilan, operasi hitung campuran, Bilangan Cacah, TGT.