MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS V SD INPRES SUKA JAYA KECAMATAN TOILI KABUPATEN BANGGAI

Main Author: SUCIK
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
V
Sd
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410370/meningkatkan-kemampuan-siswa-membaca-pemahaman-melalui-metode-cooperative-script-di-kelas-v-sd-inpres-suka-jaya-kecamatan-toili-kabupaten-banggai.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sucik, 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Pemahaman Melalui Metode Cooperative Script Di Kelas V SD Inpres Suka Jaya Kecamatan Toili Kabupaten Banggai. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembibing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan Apakah kemampuan siswa membaca pemahaman dapat ditingkatkan melalui metode cooperative script di kelas V SD Inpres Sukajaya Kecamatan Toili Kabupaten Banggai ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca pemahaman melalui metode cooperative script di kelas V SD Inpres Sukajaya Kecamatan Toili Kabupaten Banggai. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan tehnik pengumpulan data, observasi, tes dan dokumentasi dilaksanakan 2 siklus pada siswa 13 orang. Berdasarkan observasi awal kemampuan siswa membaca pemahaman 69% atau 9 siswa dari 13 siswa. Pada siklus I yang mampu 46% atau 6 siswa selanjutnya siklus II meningkat menjadi 11 siswa atau 84%. Dengan demikian Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode cooperative script dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca pemahaman di kelas V SD Inpres Kecamatan Toili Kabupaten Banggai. Kata Kunci : Membaca, Pemahaman, Cooperative Script.