Meningkatkan kemampuan menulis ringkasan cerita melalui model round table pada siswa kelas III SDN 2 Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo

Main Author: TITIN KUSMAWATY SALEH
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Iii
Sdn
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410331/meningkatkan-kemampuan-menulis-ringkasan-cerita-melalui-model-round-table-pada-siswa-kelas-iii-sdn-2-hepuhulawa-kecamatan-limboto-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Titin Kusmawati Saleh. 2012. NIM. 151 410 331. Meningkatkan kemampuan menulis ringkasan cerita melalui model round table pada siswa kelas III SDN 2 Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menulis ringkasan cerita pada siswa kelas III SDN 2 Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo dapat Meningkat?. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis ringkasan cerita melalui model round table pada siswa kelas III SDN 2 Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah dalam penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pematauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-Juni 2012. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 2 Hepuhulawa dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari siswa perempuan 16 orang dan siswa laki-laki 17 orang. Keadaan guru SDN 2 Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo yakni Guru PNS berjumlah 9 orang terdiri dari perempuan 8 orang, laki-laki 1 orang dan memiliki tenaga honor perempuan berjumlah 3 orang. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa dari 33 orang siswa yang dikenakan tindakan, 10 orang atau 30% yang mampu menulis ringkasan cerita. Persentase ini meningkat pada siklus 2. Dari 33 orang siswa yang dikenakan tindakan, 28 orang atau 85% mampu menulis ringkasan cerita. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran round table dapat meningkatkan kemampuan menulis ringkasan cerita pada siswa kelas III SDN 2 Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Cerita dan Model Round Table