Meningkatkan Pemahaman Konsep Rumus Luas Persegi Panjang Melalui Media Petak Satuan Pada Siswa Kelas III SDN 1 Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo
Main Author: | NAWIR TOBAMBA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410324/meningkatkan-pemahaman-konsep-rumus-luas-persegi-panjang-melalui-media-petak-satuan-pada-siswa-kelas-iii-sdn-1-barakati-kecamatan-batudaa-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nawir Tobamba. 2012. Meningkatkan Pemahaman Konsep Rumus Luas Persegi Panjang Melalui Media Petak Satuan Pada Siswa Kelas III SDN 1 Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd. M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media petak satuan dapat meningkatkan pemahaman konsep rumus luas persegi panjang pada siswa kelas III SDN 1 Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep rumus luas persegi panjang melalui media petak satuan pada siswa kelas III SDN 1 Barakati Kecamatan Batudaa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas III SDN 1 Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang menunjukkan proses pembelajaran melalui media petak satuan dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi konsep rumus luas persegi panjang di kelas III SDN 1 Barakati. Hal ini ditunjukkan dengan pemahaman yang diperoleh siswa sebelum menggunakan media petak satuan ketuntasan yang diperoleh hanya sejumlah 10 orang siswa atau sebesar 32.25%, siklus I ketuntasan meningkat menjadi sejumlah 21 siswa atau sebesar 67.74%, dan pada siklus II ketuntasan lebih meningkat menjadi sejumlah 29 orang atau sebesar 93.54%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui media petak satuan pemahaman konsep rumus luas persegi panjang pada siswa kelas III SDN 1 Barakati meningkat. Kata Kunci: Pemahaman, Konsep, Persegi Panjang, Petak Satuan.