Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyusun Puisi Melalui Pengamatan Benda Di Kelas V SDN 1 Parungi Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo

Main Author: HAINA RAUF PATILA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Di
V
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410318/meningkatkan-kemampuan-siswa-menyusun-puisi-melalui-pengamatan-benda-di-kelas-v-sdn-1-parungi-kecamatan-boliyohuto-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK HAINA RAUF PATILA, NIM. 151 410 318, Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyusun Puisi Melalui Pengamatan Benda Di Kelas V SDN 1 Parungi Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo Skripsi: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra.Hj. Evi Hasyim, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Dajani Suleman, M.Hum Masalah dalam penelitian ini adalah: rendahnya kemampuan siswa kelas VSDN 1 Parungi Kecamatan Boliyohuto dalam menyusun puisi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun puisi melalui pengamatan benda. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan teknik observasi dan tes kemampuan siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif persentase. Berdasarkan data observasi awal hasil penilaian terhadap kemampuan siswa dalam menyusun puisi adalah nilai rata-rata 60,56. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data analisis kemampuan siswa pada evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata- rata yang dicapai adalah 52,12. Dari 25 siswa yang terdapat di kelas V SDN 1 Parungi yang telah mencapai kemampuan dalam belajar sebanyak 8 siswa atau 32%, sedangkan siswa yang belum mampu sebanyak 17 siswa atau 68%. Hasil analisis belajar siswa pada evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata- rata yang dicapai oleh 25 siswa kelas V adalah 76,24. Siswa yang telah mencapai kemampuan sebanyak 19 siswa atau 76% sedangkan yang belum mampu dalam belajar sebanyak 6 siswa atau 34%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyusun puisi dengan mengamati benda dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN 1 Parungi Kecamatan Boliyohuto. Untuk itu disarankan agar guru kelas V dalam melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menggunakan media konkrit atau media langusung untuk memudahkan siswa dalam memahami materi. Kata Kunci: kemampuan belajar siswa, menyusun puisi, dan pengamatan benda.