Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Model Snowball Throwing di Kelas 3 SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo

Main Author: MAHDALENA SAYEDI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Ips
Di
3
Sdn
4
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410272/meningkatkan-minat-belajar-siswa-padapembelajaran-ips-dengan-model-snowball-throwing-di-kelas-3-sdn-4-tabongokecamatan-tabongo-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mahdalena Sayedi. 2014. "Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Model Snowball Throwing di Kelas 3 SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dra.Hj Hakop Walangadi, M.Si, (2) Dra. Elmia Umar, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini apakah penggunaan model snowball throwing dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas 3 SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan model pembelajaran snowball throwing di kelas 3 SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan minat belajar siswa kelas 3 pada pembelajaran IPS dari siklus ke siklus.. Pada siklus I terdapat 13 orang atau 54,17% belum memiliki minat belajar sesuai yang diharapkan dengan rincian yakni; 7 orang atau 29,17% belum memiliki perasaan senang, perhatian dan percaya diri dalam pembelajaran dan 6 orang atau 25% memiliki perasaan senang namun masih kurang dalam perhatian dan percaya diri terhadap pembelajaran IPS.Sedangkan pada siklus 2 yaitu terdapat 23 orang siswa atau 95,84% dengan rincian yaitu 22 orang atau 91,68% dalam kategori baik pada semua aspek, 1 orang atau 4,16% dalam kategori baik pada indikator perasaan senang dan perhatian, namun belum ada aspek percaya diri dan sisanya yaitu 1 orang atau 4,16% masih dalam kategori cukup pada seluruh aspek. Dengan demikian, hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu untuk minat belajar siswa minimal 75 % dari seluruh siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 ke atas pada materi sajian dengan daya serap mencapai 75 %. Simpulan dari Penelitian ini adalah model pembelajaran snowball throwing sangat baik digunakan dalam pembelajaran IPS di Kelas 3 SDN 4 Tabongo Kabupaten Gorontalo khususnya peningkatan minat belajar siswa dalam memahami pembelajaran IPS. Kata Kunci: Minat belajar siswa dan Model Pembelajaran Snowball