MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGGAMBAR IMAJINATIF MELALUI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DI KELAS III SDN 14 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Main Author: AGRIYAN H. BOKINGO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Iii
Sdn
14
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410267/meningkatkan-kemampuan-siswa-menggambar-imajinatif-melalui-model-explicit-instruction-di-kelas-iii-sdn-14-limboto-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK AGRIYAN H. BOKINGO. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menggambar Imajinatif Melalui Model Explicit Instruction Di Kelas III SDN 14 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, M.Si, Dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd.,M.Pd. Rumusan masalah Apakah penerapan model explicit intruction, dapat meningkatkan kemampuan siswa menggambar imajinatif di kelas III SDN 14 Limboto Kabupaten Gorontalo? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menggambar imajinatif melalui model explicit instructiondi kelasIII SDN 14 Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Pada observasi awal kemampuan siswa dari 20 siswa, yang mampu menggambar imajinatif sebesar 10% atau 2 siswa. Siklus I sebesar 11 siswa55%. Padasiklus I, 17 siswa atau 85% meningkat sebesar 30% dari siklus I. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian dengan menggunakan media grafis dan model Explicit Intruction dalam meningkatkan kemampuan menggambar imajinatif dengan indicator sesuai yang di harapkan. Kata Kunci : Kemampuan Menggambar Model Explicit Intruction