Penggunaan Media Audio Dalam Menyimak dan Berbicara Cerita Anak Pada Siswa Kelas V SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo

Main Author: HARMIJULIANI PIPII
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Dan
V
Sdn
6
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410237/penggunaan-media-audio-dalam-menyimak-dan-berbicara-cerita-anak-pada-siswa-kelas-v-sdn-6-limboto-barat-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Harmijuliani Pipii. 2014. Penggunaan Media Audio Dalam Menyimak dan Berbicara Cerita Anak Pada Siswa Kelas V SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. dan pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: bagaimana penggunaan media audio dalam menyimak dan berbicara cerita anak pada siswa kelas V SDN 6 Limboto Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media audio dalam menyimak dan berbicara cerita anak pada siswa kelas V SDN 6 Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa media audio dapat digunakan dalam pembelajaran menyimak dan berbicara tentang cerita anak pada siswa kelas V SDN 6 Limboto Kabupaten Gorontalo. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (a) kemampuan menyimak dan berbicara melalui media audio pada siswa kelas V SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo ditinjau dari kemampuan mendengarkan, memahami, menilai dan merespon semakin baik saat guru menggunakan media audio. (b) Langkah-langkah penggunaan media audio meliputi langkah persiapan, penyajian dan tindak lanjut. Kata Kunci: Media Audio, Menyimak, Berbicara