Meningkatkan Kemampuan Siswa Menentukan Sajak Puisi Melalui Metode Pemberian Tugas di Kelas IV SDN No. 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo
Main Author: | RISNAWATI RAHIM |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410231/meningkatkan-kemampuan-siswa-menentukan-sajak-puisi-melalui-metode-pemberian-tugas-di-kelas-iv-sdn-no-27-kecamatan-dungingi-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Risnawati Rahim. 2015, Meningkatkan Kemampuan Siswa Menentukan Sajak Puisi Melalui Metode Pemberian Tugas di Kelas IV SDN No. 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui metode pemberian tugas kemampuan siswa dalam menentukan sajak puisi di kelas IV SDN No. 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo dapat ditingkatkan?" Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menentukan sajak puisi melalui metode pemberian tugas di kelas IV SDN No. 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pada pelaksanaan tindakan siklus I siswa yang mampu berjumlah 17 orang (56.67%), sedangkan yang belum mampu masih berjumlah 13 orang (43.33%). Setelah dilaksanakan tindakan siklus II jumlah siswa yang mampu meningkat menjadi 26 orang (86.67%) sedangkan yang belum mampu berjumlah 4 orang (13.33%). Kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode pemberian tugas kemampuan siswa dalam menentukan sajak puisi di kelas IV SDN No. 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo meningkat. Kata Kunci: Menentukan Sajak Puisi, Metode Pemberian Tugas.