PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KELERENG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS II SDN 10 LIMBOTO BARAT KABUPATEN GORONTALO

Main Author: WINDIYAWATI YUSUF
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Ii
Sdn
10
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410223/pengaruh-penggunaan-media-kelereng-terhadap-pemahaman-konsep-perkalian-bilangan-cacah-pada-siswa-kelas-ii-sdn-10-limboto-barat-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO ABSTRAK Windiyawati Yusuf. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Kelereng Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas II SDN 10 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Hj.Asni Ilham,S.Pd,.M.Si, dan pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd,.M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat pengaruh penggunaan media kelereng terhadap pemahaman konsep perkalian bilangan cacah pada siswa kelas II SDN 10 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo?". Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kelereng terhadap pemahaman konsep perkalian bilangan cacah pada siswa kelas II SDN 10 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan eksperimen One group pre test-post test design, yang mana sekelompok subyek dikenai perlakuan untuk jangka waktu tertentu, dan pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara pengukuran awal (pre test) dan pengukuran akhir (post test). Populasi dan sampelnya adalah siswa kelas II yang belum mampu memahami konsep perkalian bilangan cacah yang berjumlah 25 orang 14 perempuan dan 11 laki-laki. Tes yang digunakan, yaitu tes objektif berbentuk pilihan ganda dan tes lisan. Analisis data untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini digunakan uji t. Berdasarkan analisis hasil penelitian disimpulkan hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh penggunaan media kelereng terhadap pemahaman konsep perkalian bilangan cacah pada siswa kelas II SDN 10 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dapat diterima. Hal ini diperoleh dari hasil perhitungan dimana t hitung sebesar 12,92 Sedang Nilai t tabel pada a=0,05; dk = n-1 (25-1 =24) diperoleh harga sebesar 1,71088. Jadi, t hitung > t tabel (12,92 > 1,71088). Atau harga t hitung telah berada diluar daerah penerimaan Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan menerima H1. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Perkalian, Bilangan Cacah, Media Kelereng.