MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS PUISI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SDN 17 TELAGA BIRU KABUPATEN GORONTALO

Main Author: IRMAWATI NUSI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
V
Sdn
17
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410220/meningkatkan-kemampuan-siswa-menulis-puisi-melalui-media-audio-visual-di-kelas-v-sdn-17-telaga-biru-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Irmawati Nusi. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Melalui Media Audio Visual Di Kelas V SDN 17 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd, Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi di kelas V SDN 17 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi melalui media audio visual di kelas V SDN 17 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran materi tentang kemampuan siswa menulis puisi melalui media audio visual di kelas V SDN 17 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo meningkat kemampuan yang diperoleh siswa sebelum menggunakan media audio visual sejumlah 10 orang atau sebesar 34.49%, pada siklus I meningkat menjadi sejumlah 18 orang atau sebesar 62,06% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 28 orang atau sebesar 89,66% Dengan adanya peningkatan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi di kelas V SDN 17 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Kemampuan, Menulis, Puisi, Media Audio Visual.