Meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi bunyi melalui pembelajaran kooperatif model Think Pair Share kelas 4 MIM Swadaya Biyonga Kec. Limboto Kab. Gorontalo

Main Author: ROSDIANA A. DAI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
4
Mim
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410210/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-tentang-energi-bunyimelalui-pembelajaran-kooperatif-model-think-pair-share-kelas-4-mim-swadayabiyonga-kec-limboto-kab-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rosdiana A. Dai. 2014, "Meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi bunyi melalui pembelajaran kooperatif model Think Pair Share kelas 4 MIM Swadaya Biyonga Kec. Limboto Kab. Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim,M.Si. Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini tentang "Apakah pembelajaran kooperatif model think-pair-share dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi bunyi pada siswa kelas 4 MIM Swadaya Biyonga?" Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya tentang energi bunyi melalui pembelajaran kooperatif model think-pair-share pada siswa kelas 4 MIM Swadaya Biyonga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada observasi awal hasil belajar siswa pada pembelajara IPA tentang energi bunyi hanya 2 orang siswa (12%) yang mampu. Selanjutnya, pada siklus I meningkat menjadi 6 orang siswa (38%). Terakhir, pada siklus II siswa yang mampu menjadi 16 orang siswa atau 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi bunyi di MIM Swadaya Biyonga Kec. Limboto Kab. Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Think Pair Share.