Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN 10 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo

Main Author: NOVIA KARIM
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Ips
Di
Iv
Sdn
10
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410204/penerapan-model-pembelajaran-kooperatif-type-stad-pada-mata-pelajaran-ips-di-kelas-iv-sdn-10-batudaa-kecamatan-batudaa-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Novia Karim. 2014. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN 10 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si (2) Dra. Elmia Umar, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini: 1. Bagaimana penerapann model pembelajaran kooperatif type STAD pada mata pelajaran IPS Di Kelas IV SDN 10 Batudaa Kabupaten Gorontalo, 2. Apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif type STAD pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 10 Batudaa Kabupaten Gorontalo, 3. Bagaimana solusi dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif type STAD pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 10 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang kualitatif yaitu peneliti mendeskripsikan hasil pengamatan suatu kegiatan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif type STAD pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 10 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif type STAD pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 10 Batudaa Kabupaten Gorontalo telah memberikan solusi dalam mengatasi kesulitan belajar pada proses pembelajaran dan memberikan manfaat bagi guru agar lebih tegas lagi dalam menghadapi siswa yang hanya bermain pada saat pembelajaran. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD, IPS