Peran Guru Dalam Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA Di Kelas III SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango

Main Author: RIANA RIZANTI PAPUTUNGAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Ipa
Di
Iii
Sdn
3
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410193/peran-guru-dalam-menggunakan-metode-demonstrasi-pada-pembelajaran-ipa-di-kelas-iii-sdn-3-bulango-timur-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Riana Rizanti Paputungan.2015. Peran Guru Dalam Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA Di Kelas III SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. JurusanPendidikan Guru SekolahDasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, M.Si dan Pembimbing II. Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peran Guru Dalam Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA Di Kelas III SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bulango ?".Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Peran Guru Dalam Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA Di Kelas III SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menjadi subyek penelitian adalah Guru wali kelas III SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa Guru kelas III SDN 3 Bulango Timur dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode demonstrasidari 16 aspek yang diamati yang Nampak hanya 8 aspek langkah-langkah metode demonstrasi yang dilaksanakan. Adapun kesimpulan dari penelitiini adalah Peran Guru Dalam Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA Di Kelas III SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango tergolong kurang baik, karena guru kelas III dalam menggunakan metode demonstrasi tidak sesuai dengan langkahlangkah demonstrasi dan tidak pula memiliki buku pedoman model-model pembelajaran terutama buku pedoman metoded emonstrasi. Sehingga pada saat pembelajaran Guru kelas III dalam menggunakan metode demonstrasi hanya sesuai dengan caranya sendiri tanpa menggunakan buku pedoman metode demonstrasi. Katakunci: Metode Demonstrasi, Pembelajaran IPA