Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyampaikan Argumen Melalui Model Jigsaw Di Kelas IV SDN 1 Pilohayanga Barat Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo

Main Author: YULIN ARIFIN KONIYO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Di
Iv
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410179/meningkatkan-kemampuan-siswa-menyampaikan-argumen-melalui-model-jigsaw-di-kelas-iv-sdn-1-pilohayanga-barat-kecamatan-telaga-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yulin Arifin Koniyo, 2012 Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyampaikan Argumen Melalui Model Jigsaw Di Kelas IV SDN 1 Pilohayanga Barat Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra.Hj. Evi Hasyim, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah: kemampuan siswa kelas IV SDN 1 Pilohayangan Barat Kecamatan Telaga dalam menyampaikan argumen masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyampaikan argumen melalui model jigsaw. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, tes kemampuan siswa dan dokumentasi Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data analisis kemampuan siswa pada evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai adalah 64,00. Dari 25 siswa yang terdapat di kelas IV SDN 1 Pilohayanga Barat yang telah mampu dalam belajar sebanyak 13 siswa atau 52%, sedangkan siswa yang belum mampu sebanyak 12 siswa atau 48%. Hasil analisis belajar siswa pada evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai oleh 25 siswa kelas IV adalah 76,32. Siswa yang telah mampu sebanyak 19 siswa atau 76% sedangkan yang belum mampu dalam belajar sebanyak 6 siswa atau 24%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN 1 Pilohayanga Barat Kecamatan Telaga dalam menyampaikan argumen. Kata Kunci: argumen, dan model jigsaw