Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Dengan Menemukan Kalimat Utama Melalui Pendekatan Quantum Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 11 Tilamuta

Main Author: ASTUTI HUNOWU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Iv
Sdn
11
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410175/meningkatkan-keterampilan-membaca-intensif-dengan-menemukan-kalimat-utama-melalui-pendekatan-quantum-learning-pada-siswa-kelas-iv-sdn-11-tilamuta.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Astuti Hunowu. 2012. Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Dengan Menemukan Kalimat Utama Melalui Pendekatan Quantum Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 11 Tilamuta. Skripsi.Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif melalui pendekatan quantum learning siswa kelas IV SD Negeri 11 Tilamuta. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah melalui quantum learning kemampuan membaca intensif dengan menemukan kalimat utama siswa kelas IV SDN 11 Tilamuta dapat di tingkatkan? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan lembar pengamatan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa memperoleh persentase 48,33%. Pada siklus II meningkat menjadi 74,83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan quantum learning dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif pada siswa kelas IV SDN 11 Tilamuta. Kata kunci: pendekatan quantum leaerning, keterampilan membaca intensif