Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Bentuk-bentuk Daun Pada Tumbuhan Melalui Pendekatan Inquiri Di Kelas IV SDN 14 Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo

Main Author: LISPIN AHMAD
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Di
Iv
Sdn
14
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151410163/meningkatkan-pemahaman-siswa-tentang-bentuk-bentuk-daun-pada-tumbuhan-melalui-pendekatan-inquiri-di-kelas-iv-sdn-14-dulupi-kecamatan-dulupi-kabupaten-boalemo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Lispin Ahmad.Tahun 2012 Nim: 151 410 163, denganjudulMeningkatkanPemahamanSiswaTentangBentuk-bentukDaunPadaTumbuhanMelaluiPendekatanInquiriDi KelasIV SDN 14 DulupiKecamatanDulupiKabupatenBoalemo di bawahbimbinganProf. Dr. H. HarisPanaI, S.Pd., M.Pd. (Pembimbing I) dan Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd., M.Pd. Rendahnyakemampuanbelajarsiswakelas IV SDN 14 Dulupidalammeningkatkankemampuansiswamemahamibentuk-bentukdaunmelaluimetodedemonstrasimenjadipendorongbagipenulisuntukmengadakanpenelitiantindakankelasini, mencarijalanterbaikbagamanacarameningkatkanpemahamansiswatentangbentuk-bentukdaunpadatumbuhanmelaluipendekataninquiri di kelas IV SDN 14 Dulupi. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanpemahamansiswaterhadapbentuk-bentukdaunkhususnyadikelas IV SD.Teknik yang digunakandalampengumpulan data yaituteknikobservasipartisipatif, sedangkanteknikanalisis data dilaksanakansecarakualitatif.Dari hasilpenelitiandiperolehbahwapemahamansiswatentangbentuk-bentukdaundapatmeningkatmelaluipendekataninquiri. Hal initerlihatdarihasilobservasiawaluntukapekkemampuansiswamengamatibentuk-bentukdaunpadaobservasiawal 54%, siklus I 56%, siklus II 87%, kemampuansiswamenjelaskanbentuk-bentukdaunpadaobservasiawal 51%, siklus I 66%, siklus II 96%, dankemampuansiswamenjelaskanbentuk-bentukdaunpadaobservasiawal 52%, siklus I 71% dansiklus II 92%, denganpeningkatanrata-rata observasiawal 52%, siklus I 71% dansiklus II 92%. Berdasarkanhasilpenelitian di atasdapatdisimpulkanbahwapemahamansiswaterhadapbentuk-bentukdaundikelas IV SDN 14 Dulupidapatmeningkatmelaluimetodeinquiri. Kata Kunci :pemahamansiswa, bentuk-bentukdaun, pendekataninquiri